Minggu, 27 April 2014

Nutrisi dan Manfaat Kacang Tanah

kacang-tanahKacang tanah (Inggris : peanut) yang dalam bahasa latinnya adalah Arachis hypogaea, merupakan sejenis tanaman tropika dan dikenal sebagai salah satu tanaman palawija yang ditanam setelah padi. Tanaman ini berasal dari Amerika selatan, namun saat ini telah menyebar keseluruh dunia yang beriklim tropis maupun subtropis. Biasanya, kacang tanah dibudidayakan di area lahan sawah atau tegalan yang mengering setelah panen padi.


Di Indonesia tanaman kacang tanah mempunyai sebutan yang berbeda-beda yaitu, 
  •  kacang aduk (Madura), 
  • kacang brol  (Jawa), 
  • kacang taneuh (Sunda), 
  • kacang tanah (Bali),  
  • kacang tana (Batak),  
  • kacang olie (Belitung),  
  • aneue kacang (Aceh).

Ada 2 tipe kacang tanah yang tumbuh di Indonesia, yaitu : 
  1. Tipe kacang tegak. Jenis ini tumbuh lurus atau sedikit miring ke atas, buahnya terdapat pada ruas-ruas dekat rumpun, umumnya berumur pendek dan kemasakan buahnya serempak.
  2. Tipe kacang menjalar. Jenis ini tumbuh ke samping, batang utama berukuran panjang, buah terdapat pada ruas-ruas yang berdekatan dengan tanah dan umumnya berumur panjang. Tipe ini lebih disukai karena memiliki potensi hasil yang tingi.

Ciri-ciri tanaman kacang tanah :

Bagian tanaman
Ciri khas tanaman
Akar Tunggang yang tumbuh lurus kedalam tanah kemudian akan tumbuh akar cabang yang diikuti akar serabut, pada cabang dan pangkal akar tunggang terdapat bintil-bintil bakteri  rhizobium yang berperan dalam penyerapan nitrogen
Batang Tidak berkayu dan berbulu halus, ada yang menjalar da nada yang tegak, berwarna hijau
Daun Daun pertama yang tumbuh adalah kacang yang berkecambah ( kotiledon ). Daun tunggal dan berbentuk bundar, selanjutnya membentuk daun majemuk yang bersirip genap.
Bunga Berbentuk kupu-kupu, berukuran kecil dan terdiri atas lima daun tajuk
Buah Berbentuk polong, silindris
Biji Biji terdapat didalam polong, kulit luar tekstur keras, biji berbentuk agak lonjong, mempunyai selaput biji tipis berwarna putih, merah muda, ungu, coklat kemerahan dan kecoklatan.


Kacang tanah sangat kaya akan lemak tak jenuh, protein, zat besi, Vitamin E, kalsium, vitamin B kompleks, fosfor, vitamin A , vitamin C, lesitin, dan kolin.

pohon-kacangKacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Omega 3 bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat. Omega 9 juga sudah terbukti memberikan manfaat untuk  menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan juga menurunkan tekanan darah.

Kacang tanah juga mengandung fitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.

Kacang tanah merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Rasanya gurih, agak manis. Sering kali kita gunakan untuk membuat kue, bahan sayur, juga untuk membuat selai atau pasta kacang. Namun sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa konsumsi kacang dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Padahal, sesungguhnya yang memicu jerawat bukan karena kacang, melainkan karena konsumsi makanan manis dan berkarbohidrat tinggi.

Nah, kita tenggok manfaat apa saja yang akan kita peroleh kalau kita mengkonsumsi  kacang tanah :
  • Membantu meningkatkan kesuburan
  • Membantu menstabilkan gula darah
  • Mencegah batu empedu
  • Mengatasi depresi
  • Membantu  menurunkan kadar kolestrol tinggi
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
  • Menghambat pertumbuhan tumor

Begitu banyak manfaatnya bukan? Yuk, budayakan hidup sehat bersama alam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar