Rabu, 23 April 2014

Manfaat Menstruasi Bagi Tubuh

Halo, Sist… lagi datang bulan, ya? Jangan mengeluh, dong kalau lagi datang bulan. Karena ternyata, ada banyak lho manfaat  menstuasi itu. Mau tau?

Berikut ini beberapa manfaat menstruasi yang mesti kamu ketahui:


Menunjukkan kalau tubuh kamu sehat.

Datang bulan itu adalah pertanda bahwa tubuh kamu “bekerja” secara normal, dan melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi stabil, sinkron dan merupakan
salah satu indikator kesehatan yang baik.


Parameter berat tubuh ideal atau tidak.

Siklus haid kamu teratur? Itu biasanya menunjukkan bahwa berat badan kamu ideal, asupan gizi dan kalori seimbang. Sementara, siklus haid yang tidak teratur secara ekstrim biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki berat tubuh berlebih atau kurang, serta seseorang yang mendapatkan asupan kalori dan gizi yang tidak seimbang.


Membuat kamu panjang umur.

Pada saat haid, ada sejumlah zat besi yang ikut hilang. Itu yang menyebabkan kestabilan porsi zat besi dalam tubuh, dan membuat umumnya wanita berumur lebih panjang dari wanita. Itu yang dipercaya para ahli melalui banyak penelitian.


Membersihkan tubuh

Menstruasi itu agak mirip manfaatnya dengan donor darah: membersihkan darah dan tubuh. Menstuasi itu bisa membersihkan area reproduksi dari berbagai bakteri, serta mengeluarkan kelebihan zat besi dari dalam tubuh.


Menyeimbangkan hormon, dan membuat wajah lebih menarik

Menstruasi salah satunya manfaatnya adalah untuk menyeimbangkan hormon. Saat menstruasi terjadi, sering kali timbul jerawat, atau muncul rasa malas. Tapi itu normal, karena proses penyeimbangan hormon itu. Setelah menstruasi selesai, dan hormon kamu sudah seimbang lagi, biasanya wajah kamu akan lebih cerah, lebih percaya diri, dan bisa lebih aktif kembali.
Nah, banyak kan manfaat menstruasi bagi cewek? Jadi, jangan misuh-misuh aja ya kalau lagi PMS. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar