Senin, 28 April 2014

Manfaat Kentang untuk Kecantikan Kulit

manfaat kentangManfaat Kentang tidak hanya sebagai makanan pembuat kenyang. Memang kentang adalah makanan yang biasa digunakan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Makanan inipun terkadang kita jumpai juga di berbagai menu makanan ringan ataupun berat, seperti steak, kentang goreng, dan sebagai pelengkap dari menu sayuran.

Sebelumnya mungkin kita semua mengira kalau kentang ini sumber karbohidrat saja. Taukah kalau kentang ini juga mempunyai manfaat bagi kulit ?

Selain sebagai gudang karbohidrat, kentang juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin dan berbagai mineral penting. Tekstur kentang yang lembut dan mudah untuk dipadukan dengan berbagai resep membuat kentang menjadi makanan favorit, baik itu sebagai pengganti karbohidrat ataupun sebagai sayuran tambahan pendamping berbagai menu.

 Setidaknya ada 5 manfaat kentang yang berguna untuk kulit

  • Mudah dicerna.
Kentang adalah salah satu sumber makanan dengan tekstur yang lembut dan mudah hancur. Hal ini membuat kentang jadi mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita. Makanan ini juga merupakan makanan yang cocok bagi anda yang mempunyai pencernaan sensitif. Meski tidak sebanyak sayuran lainnya, kentang juga mempunyai kandungan serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan.

  • Meningkatkan fungsi otak.
Kentang mempunyai kandungan karbohidrat sederhana.  Fungsinya adalah membantu meningkatkan kadar gula darah. Kentang juga mempunyai kandungan penting lainnya yaitu vitamin b6 dan asam folat. Asam folat adalah salah satu zat penting yang dikenal berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak.

  • Kaya antioksidan.
Jangan salah, makanan yang selama ini dikenal sebagai pengganti nasi ini juga punya kandungan antioksidan lho. Beberapa zat penting lainnya yang terkandung di dalam kentang antara lain fitonutrien dan antioksidan, termasuk ceratoniod dan flavonoid. Guna dari berbagai zat tersebut adalah untuk tubuh terhadap bahaya radikal bebas. Kentang juga mengandung sejenis protein yang dinamakan patatin yang berguna untuk anti oksidan dan juga anti inflamasi atau anti radang secara alami.

  • Menyehatkan kulit.
Bila ingin kulit anda sehat, makan lah makanan yang mengandung vitamin C, serat, zinc, kalium, fosfor dan berbagai zat penting lainnya. Nah, di dalam kentang ini bisa kita dapatkan beberapa zat penting tersebut. Kentang juga mempunyai serat, vitamin C, zinc, asam folat, kalium. Membuat jus kentang untuk mengatasi jerawat juga  bisa dilakukan sebagai alternatif pengobatan jerawat.

  • Stabilkan Tekanan Darah
Kandungan kentang salah satunya adalah kalium. Zat ini sangat bagus untuk menurunkan tensi darah, sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita hipertensi atau yang dikenal dengan tekanan darah tinggi. Dengan konsumsi kentang, maka tekanan darah akan stabil dan memperbaiki kerja jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat kentang yang perlu kita ketahui. Bila selama ini kita mengenal kentang sebagai makanan pengganti nasi aja, semoga dengan membaca artikel singkat ini dapat menambah wawasan tentang manfaat kentang yang lain, khususnya adalah manfaat kentang untuk kesehatan kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar