Minggu, 27 April 2014

Ketumbar, Rempah Mungil Kaya Manfaat

 
ketumbarKetumbar adalah salah satu tumbuhan rempah yang terkenal. Biasanya ketumbar kerap dijadikan tambahan bumbu masakan yang akan menambah rasa yang lebih gurih. Tidak hanya buahnya saja, daun ketumbar yang mirip dengan daun seledri sering dijadikan taburan sup atau salad.

 Di Indonesia, ketumbar atau nama ilmiahnya Coriandrum sativum memiliki sebutan yang beraneka yaitu: Ketumba (Aceh), ketumeur, ketumber (Gayo), hatumbar (Batak), katumba (Minang), katuncar, tuncar (Sunda), kathombar (Madura), ketumbar,tumbar (Jawa), katumbali (Gorontalo), katumbara (Makasar), katumbah (Bali), dan katumba (Bima). Tanaman ketumbar sering ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan, tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian 1 meter dari tanah.

daun-ketumbarDaun ketumbar yang juga sering digunakan dalam masakan-masakan Eropa biasanya disebut dengan daun coriander atau coriander leaf. Bentuknya mirip seledri, sehingga sering kali kita salah mengira daun coriander adalah seledri. Bagi yang jarang ke dapur, biji buahnya juga sering kali keliru dengan merica. Padahal, biji ketumbar lebih kecil ukurannya dan tidak sekeras merica.

Berikut ciri-ciri ketumbar:

Bagian tanaman Ciri-ciri tanaman
Batang Berkayu, lunak beralur, berwarna hijau
Daun Hijau dengan tepi bergerigi
Bunga Majemuk, berbentuk paying bersusun berwarna putih dan merah muda
Buah Bentuk bulat berwarna kuning bersusun

ketumbar-corianderKetumbar mempunyai kandungan zat seperti  vitamin dan mineral. Pada daun ketumbar mengandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C, yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan mineral yang terkandung adalah kalium, kalsium, mangan, besi dan magnesium. Asam kafeat dan asam klorogonik yang mampu menetralkan radikal bebas penyebab kanker.





Sekarang yuk, kita lihat manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh kita :


  • Memperlancar pencernaan
Kandungan minyak esensial yang bervariasi dalam ketumbar dapat membantu pembuangan enzim dan cairan pencernaan di perut dan membantu dalam mengatasi anokresia.

  • Menatasi Anemia
Kandungan zat besinya sangat baik untuk mengatasi anemia.

  • Merawat mata
Kandungan vitamin A, vitamin C dan mineral, berkhasiat dalam menjaga keremajaan mata, selain itu pula kandungan antimikroba dalam ketumbar juga bermanfaat dalam membantu mengatasi konjungtivitas.

  • Manfaat ketumbar yang lain adalah mengatasi kadar gula darah tinggi, penambah nafsu makan, dan peradangan.

Itulah manfaat dari ketumbar, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar