Rabu, 30 April 2014

Manfaat Buah Pinang bagi Kesehatan

manfaat-buah-pinangManfaat buah pinang bagi kesehatan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia ejak zaman dahulu. Pada zaman dahulu masyarakat Indonesia banyak rajin nginang. Nginang adalah kegiatan mengunyah pinang dicampur dengan sirih. Kebisaan nginang ini membuat gigi orang-orang pada zaman dahulu tidak gampang rusak dan goyang.

Memang salah satu dari manfaat buah pinang adalah memperkuat gigi agar tidak gampang goyang dan rapuh. Kebiasaan menginang yang sudah tidak dilakukan lagi oleh masyarakat Indonesia modern membuat banyak gigi orang tua maupun anak-anak menjadi cepat rusak.

Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan



Selain dapat memperkuat gigi buah pinang mempunyai banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah membantu mempercepat menghentikan pendarahan. Kandungan yang terdapat dalam buah pinang muda dapat membantu dalam proses pembekuan darah. Selain menghentikan pembekuan darah pinang juga dapat mengatasi mimisan. Mimisan sering kali terjadi pada saat kelelahan atau terjadi luka pada bagian hidung. Jika anda mimisan anda bisa mengobatinya langsung dengan pinang muda.

Manfaat buah pinang bagi kesehatan yang lainnya adalah mengusir acing dalam tubuh. Keberadaan cacing dalam tubuh memang sangat merugikan bagi tubuh manusia maka dari itu perlu untuk dilakukan pembasmian cacing di dalam tubuh. Cara yang ampuh untuk membuang cacing dalam tubuh yaitu dengan meminum air rebusan sirih muda secara teratur.

Kandungan arecoline yang terdapat di dalam buah pinang muda sangat ampuh dalam mengusir cacing. Selain cacing biasa, buah pinang muda juga sangat membantu untuk membunuh cacing pita dalam tubuh. Hal ini sudah terbukti dalam penelitian yang dilakukan pada beberapa unggas yang terkena cacing pita, hasilnya cacing pita berhasil di bunuh dan di buang dari tubuh unggas dengan menggunakan buah pinang muda.

Buah pinang muda juga sangat bermanfaat bagi kaum wanita. Kaum wanita yang mengalami haid berkepanjangan dapat meminum air sebuah buah pinang muda dijamin dalam waktu beberapa hari haid atau menstruasi yang berkepanjangan akan segera berhenti. Selain itu manfaat buah pinang bagi kesehatan adalah mengobati penyakit malaria, disentri, batuk berdahak, dan berbagai penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar