Senin, 28 April 2014

Khasiat Labu Siam

manfaat labu siamLabu siam memang sudah bukan buah yang asing bagi kalangan rakyat indonesia, buah yang memiliki daging tebal dan cukup besar untuk ukuran buah. Tanaman ini bisa hidup di berbagai tempat di indonesia, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini hidup dengan merambat sperti tanaman semangka. 

Tanaman ini memang tidak memilki bentuk yang menawan, namun jangan sepelekan khasiatnya. Yup labu siam bermanfaat sekali bagi penderita kanker, penderita sakit jantung maupun ibu yang sedang hamil juga baik. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di buat lalapan (labu yang masih muda). Maupun di buat sayur untuk labu yang sudah tua.

 

Manfaat labu siam untuk kesehatan

  • Menurunkan tekanan darah
Labu siam sangat baik bagi penderita darah tinggi, karena buah yang satu ini sangat baik dan memilki kalium yang cukup bermanfaat menurunkan tekanan darah.

  • Baik bagi ibu hamil
Di dalam labu siam juga terdapat banyak asam folat yang baik bagi ibu yang sedang mengandung, jadi mengkonsumsi buah labu menghindarkan bayi anda terlahir dengan cacat.

  • Baik bagi penderita diabetes
Yup kandungan karbohidrat yang terdapat pada labumemang tinggi, sehingga penderita diabetes tidak harus makan makanan pokok yang berlebih setelah mengkonsumsi labu siam.

  • Baik bagi pencernaan
Hal ini karena di dalam labu siam juga banyak mengandung serat, yang baik untuk pencernaan, melancarkan saluran pencernaan di usus. Bahkan mengurangi resiko sakit kanker.

Kandungan dari manfaat labu siam

Komposisi nilai gizi labu siam/100 gram

no Komposisi Berat Satuan
1 Vitamin k 4,6 (mkg)
2 Vitamin E 0,12 (mkg)
3 Riboflavin 0,03 (mg)
4 Niacin 0,47 (mg)
5 Vitamin B6 0,08 (mg)
6 Folat 93 (mg)
7 Energi 17 (kkal)
8 Lemak 0,13 (g)
9 Protein 0,82 (g)
10 Karbohidrat 3,9 (g)
11 Serat (g) 1,7 1,7 (g)
12 Gula 1,85 (g)
13 Magnesium 12 (mg)
14 Vitamin C 7,7 (mg)
15 Kalsium 17 (mg)


Nah itulah manfaat labu siam dan kandungan gizinya yang perlu kita ketahui, so jangan ragu lagi mengkonsumsi labu meski harganya murah namun yang penting gizinya sangat baik bagi kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar