Kamis, 08 Mei 2014

Manfaat dan Khasiat Teh untuk Tubuh

Teh memang banyak sekali khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa orang yang telah meminum teh menuturkan bahwa dengan meminum teh maka tubuh akan terasa lebih rileks saat menjalani aktifitas mereka.

Meminum teh dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang biasa dilakukan adalah teh diseduh dengan air panas ataupun dicampur dengan es batu. Khasiat dari meminum teh yang paling bermanfaat yaitu dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti flu, bahkan bisa menyembuhkan penyakit berat seperti kanker.

Senyawa dalam teh dan manfaatnya

Daun teh memiliki kandungan senyawa kimia yang terdiri dari tiga bagian besar, masing-masing bagian memiliki manfaat tersendiri.
1. Polifenol
Polifenol adalah antioksidan jenis bioflavonoid yang seratus kali lebih efektif daripada vitamin C dan 25 kali lebih baik daripada vitamin E. Manfaatnya:
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Dapat menurunkan tekanan dan kadar gula dalam darah 
  • Dapat membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu 
  • Dapat memperlancar pencernaan 
  • Dapat melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat dalam tubuh
2. Kafein
Sebenarnya teh juga memiliki unsur kafein, akan tetapi unsur kafein dalam teh jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan kopi. Manfaatnya:
  • Bersifat sebagai mild stimulant pada sistem saraf pusat sehingga memperlancar sirkulasi darah ke otak 
  • Dengan minum teh secara teratur akan menaikkan tingkat ingatan, cognitive performance, feeling of pleasant dan mood.
3. Essential Oil
Teh juga memiliki kandungan protein yang dirasakan besar peranannya dalam pembentukan aroma. Manfaatnya:
  • Dapat melarutkan kadar lemak 
  • Dapat memperlancar pencernaan dan peredaran darah 

 
Daun teh juga memiliki kandungan vitamin, diantaranya:
  • Vitamin E
Jika anda membuat satu cangkir teh, maka dalam satu cangkir teh tersebut mengandung vitamin E sebanyak 100-200 IU. Ini merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh kita. Vitamin E sebanyak 100-200 IU ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

  • Vitamin C
Seperti yang anda ketahui vitamin C ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Di samping itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit.

  • Vitamin A
Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten merupakan vitamin yang diperlukan tubuh dapat tercukupi.

 

Teh sangat bermanfaat buat Otak

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan ternyata manfaat teh selain untuk menjaga vitalitas tubuh juga dapat menguatkan otak. Untuk itu, meminum teh secara rutin sangat disarankan bagi anda. Dengan meminum teh secara teratur maaka bisa mengurangi rasa lelah, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja tubuh dan kekuatan otak.
Dalam jurnal Nutritional Neuroscience dikatakan bahwa teh mengandung kafein dan asam amino, yang biasa disebut L-theanine. Kafein dan asam amino ini sangat berperan penting dalam memberikan manfaat positif dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut ditemukan, kafein dan L-theanine secara signifikan meningkatkan akurasi pergantian tugas bagi orang yang meminum teh setelah 20 dan 70 menit, dibandingkan yang tidak meminum teh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar