Senin, 12 Mei 2014

Brokoli Sayuran Hijau Kaya Manfaat

BrokoliBrokoli merupakan sumber yang kaya dari berbagai biokimia yang dikenal untuk melawan kanker. Salah satu yang paling dikenal dan dipelajari secara ekstensif adalah isothiocyanates. Zat kimia untuk merangsang enzim tertentu yang dihasilkan oleh hati yang bertindak untuk menetralisir efek dari agen penyebab kanker yang masuk ke tubuh. Hasilnya adalah lebih sedikit kerusakan DNA yang dapat menimbulkan tumor. Zat kimia ini begitu kuat sehingga telah terbukti dapat memperlambat perkembangan sel kanker.

  • Kesehatan Mata
Brokoli dan sayur-sayuran berwarna hijau lainnya mengandung zat antioksidan fitokimia yang dinamakan lutein dan zeaxanthin, keduanya banyak terkandung pada lensa mata.

  • Daya Tahan Tubuh yang Kuat
Secangkir brokoli bukan saja mengandung asupan vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari namun juga memperkokoh sistem pertahana tubuh dengan 1359 mikrogram beta-karotene dan sedikit seng dan selenium yang sangat bermanfaat, dua macam mineral yang dibutuhkan dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Mencegah Cacat pada Bayi
Sedang hamil? Anda harus mengkonsumsi brokoli. Secangkir brokoli menyediakan 94 mikrogram asam folat, sebuah vitamin B yang penting bagi pembelahan sel karena dibutuhkan pada sintesis DNA. Tanpa asam folat, sel-sel sistem syarat janin tidak dapat membelah dengan baik. Kekurangan asam folat selama kehamilan telah diketahui berhubungan dengan cacat pada bayi, seperti spina bifida (sejenis kelainan pada tulang belakang).

  • Mencegah Influenza / Flu
Membantu mengurangi gejala flu, karena mengandung vitamin C yang merupakan zat antioksidan dan anti-radang.

  • Tulang yang Kokoh
Penelitian menunjukkan bahwa brokoli mengandung lebih banyak kalsium daripada produk-produk susu lainnya sehingga membantu pembentukan tulang. Berita ini sangat menyenangkan buat orang-orang yang tidak tahan terhadap laktosa sehingga tidak perlu takut lagi kekurangan kalsium

  • Diabetes
Karena kandungan serat yang tinggi serta kandungan gula yang rendah, brokoli dapat membantu melawan diabetes. Serat membantu menjaga gula darah tetap rendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar