Jumat, 02 Mei 2014

8 Manfaat Nangka untuk Kesehatan

NangkaNangka memiliki rasa yang manis dan sering kali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dengan es, dijadikan jus, atau diolah menjadi berbagai jenis makanan daerah seperti dodol nangka, kolak nangka, selai nangka,  dan lain-lain.

Nangka merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Berdasarkan informasi dari wikipedia buah Nangka dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis lintang 25 derajat utara maupun selatan. Walaupun diketahui juga dapat pula berbuah di lintang 30 derajat.
Nangka cukup kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi yang bisa membantu meningkatan kekebalan tubuh. Nah, berikut ini 8 manfaat nangka untuk kesehatan yang jarang Anda ketahui seperti dikutip dari merdeka.

1. Baik Untuk Pencernaan

Kandungan vitamin C yang sangat banyak pada nangka mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C juga mampu menjadikan pencernaan menjadi lebih sehat. Karena vitamin C mampu mencegah masalah sembelit.

2. Mencegah Kanker

Nangka mengandung lignan dan saponin  yang ternyata mampu mencegah serangan kanker. Dua nutrisi tersebut dapat menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker

3. Mencegah masalah kulit

Nangka juga mengandung vitamin A yang bisa mencegah berbagai infeksi kulit dan menjadikan kulit lebih sehat dan bersinar.

4. Menurunkan tekanan darah

Anda yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan mengonsumsi Nangka, karena kandungan potasium yang terdapat di nangka bisa menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Baik untuk kekuatan Tulang

Mineral yang terkandung didalam nangka seperti magnesium dan kalsium dapat mencegah resiko radang sendi dan osteoporosis.

6. Baik untuk keshatan Darah

Nangka juga kaya akan zat besi yang membantu mencegah anemia pada wanita dan mampu memperbaiki sel-sel darah merah di dalam tubuh.

7. Baik untuk menjaga kesehatan tiroid

Kandungan mineral yang ada didalam nangka seperti tembaga bisa menjaga dan mempertahankan tiroid agar bisa tetap berfungsi secara normal.

8. Baik Untuk menurunkan berat badan

Ini pasti yang paling disukai oleh wanita yaitu mampu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan nangka mengandung sedikit kalori, lemak jenuh dan karbohidrat.

Manfaat buah nangka yang sangat banyak ini, harusnya tidak boleh di sia-siakan, dan tak ada salahya dimasukkan dalam menu sehat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar